Aksi Kemanusian, Setetes Darah Selamatkan Sesama


PMI Kabupaten Kebumen bekerja sama dengan SMA Negeri 1 Mirit menyelenggarakan kegiatan donor darah yang dilaksanakan pada hari Selasa, 7 Maret 2023 di Ruang Pertemuan Barat SMA Negeri 1 Mirit.

Kegiatan donor darah ini dilaksanakan setiap bulan sekali diikuti oleh Guru, Karyawan serta Siswa  SMA Negeri 1 Mirit. Sugiyanto selaku kepala sekolah mendukung kegiatan ini dengan ikut berpartisipasi sebagai salah satu pendonor tetap disetiap kegiatan yang dilakukan PMI Kabupaten Kebumen ini.

Setetes darah menyelamatkan nyawa sesama, untuk itu saya berterima kasih kepada bapak/ibu guru dan karyawan serta para siswa yang telah berpartisipasi dalam kegiatan donor darah ,” kata Sugiyanto.

Kegiatan donor darah ini memiliki beberapa manfaat baik bagi pendonor maupun orang lain.  “Donor darah itu sehat, memiliki nilai ibadah serta perwujudan sikap peduli terhadap misi kemanusian ,” ujar Nabila dari PMI kebumen.

Beberapa syarat dasar untuk menjadi pendonor darah adalah sehat jasmani dan rohani; usia 17 tahun sampai dengan 65 tahun; berat badan minimal 45; tekanan darah (systole 100 – 170 dan diastole 70 – 100); serta kadar hemoglobin 12,5g5 – 17,0g%.

Ada beberapa calon pendonor darah yang tidak memenuhi syarat dikarenakan kadar Hemoglobin rendah terutama dari siswa, padahal mereka sangat antusias untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

 (MD)

Copyright © 2020 - 2024 SMA NEGERI 1 MIRIT