Dua Guru SMAN 1 Mirit Luncurkan Aplikasi Cegah Kecurangan Asesmen


Berpedoman pada Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2023/2024, pelaksanaan Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) Kelas XII dan Asesmen Tengah Semester (ATS) Genap Kelas X, XI, dilaksanakan pada tanggal 25 Maret sampai dengan 5 April 2024.

PSAJ merupakan penilaian yang dilakukan untuk memastikan ketercapaian keseluruhan tujuan pembelajaran dan/atau capaian pembelajaran siswa sebagai dasar penentuan kelulusan. Sedangkan ATS pada kurikulum merdeka merupakan bentuk asesmen sumatif untuk mengukur pencapaian hasil belajar dan pemahaman siswa.

Kegiatan yang diikuti secara serentak oleh 604 siswa berjalan cukup lancar pada hari pertama. Pada pelaksanaannya, siswa diwajibkan membawa handphone pribadi. Siswa yang mengikuti kegiatan PSAJ dapat mengakses dan mengerjakan soal melalui aplikasi si smart. Sedangkan pada kegiatan ATS menggunakan aplikasi APK.ATS. 

Dua aplikasi tersebut berhasil dikembangkan melalui framework kodular oleh guru SMAN 1 Mirit, Galay Widhiasmoro, S.Pd. dan Saeful Anam, S.Kom. 

"Aplikasi ini akan terus kami kembangkan melalui beberapa evaluasi dan pengkajian bersama untuk mencegah kecurangan dalam asesmen", tutur guru informatika pengembang APK.ATS.

Sugiyanto, S.Pd., M.Pd., selaku Kepala SMAN 1 Mirit merasa bersyukur sudah ada aplikasi yang siap digunakan untuk kegiatan PSAJ dan ATS. Beberapa kendala yang terjadi masih bersifat wajar dan bisa teratasi dengan cepat. Pelaksanaan PSAJ dan ATS kali ini dinilai lebih unggul dibandingkan sebelumnya.

Bertepatan dengan bulan Ramadan, bukan menjadi penghalang semangat siswa dalam mengikuti PSAJ dan ATS. Antusias siswa bertambah saat muncul notifikasi waktu, notifikasi tindak kecurangan dan jawaban akan hilang secara otomatis ketika melakukan kecurangan. 


YN

Copyright © 2020 - 2024 SMA NEGERI 1 MIRIT