Jumlah Peserta OSN SMA Mirit Meningkat Drastis


Ajang talenta di bidang sains bagi peserta didik jenjang SMA/sederajat kembali digelar tahun 2024. Ajang OSN (Olimpiade Sains Nasional) dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat kabupaten hingga nasional.
Hari ini, Selasa (26/03/2024) siswa berprestasi dari SMA Negeri 1 Mirit, Kebumen mengikuti seleksi OSN tingkat kabupaten untuk bidang Matematika, Fisika, Informatika, Biologi dan Geografi. Kegiatan berlangsung di laboratorium komputer sekolah setempat dengan pengawasan silang dari sekolah lain. Rencananya pada hari Rabu (27/03/2024) peserta OSN  bidang Kimia, Astronomi, Ekonomi dan Kebumian akan mengikuti seleksi yang sama.
Menurut Sugiyanto, S.Pd., M.Pd., kepala sekolah setempat, peserta OSN dari instansi yang dipimpinnya mengalami kenaikan secara drastis. Pada tahun yang lalu hanya diikuti oleh 33 peserta. Sedangkan tahun ini sejumlah 42 siswa terpilih mengikuti ajang bergengsi tersebut.
"Kami mengutamakan esensi. OSN ini adalah momen untuk menumbuhkan semangat kompetisi, memberi pengalaman yang bermakna dan melatih siswa belajar optimal secara mandiri, "ujar kepala sekolah penggerak itu.
Dirinya menambahkan bahwa sekolahnya telah melakukan upaya dalam mempersiapkan perhelatan nasional tersebut. Seperti penjaringan peserta di tingkat sekolah, memberikan motivasi kepada peserta dan memberikan bimbingan oleh guru bidang olimpiade. "Kami menargetkan 2 peserta lolos di tingkat kabupaten," tambah Sugiyanto di sela-sela kesibukannya memantau kegiatan sekolah.
Ayu Mariyam siswa kelas XI 2 peserta OSN bidang Biologi mengaku senang bisa kembali mewakili SMA Negeri 1 Mirit mengikuti ajang OSN.
Ayu, demikian dirinya sering disapa, berharap persiapan dari sekolah bisa lebih awal sehingga peserta bisa lebih siap menghadapi kompetisi. "Selain mengikuti bimbingan, saya belajar dari buku OSN dan intensif latihan soal-soal," kata juara 1 OSN tingkat kabupaten tahun 2023 itu menceritakan strateginya menghadapi OSN tahun ini.
Dia berharap tahun ini kembali lolos pada seleksi tingkat kabupaten dan berkesempatan menang di tingkat provinsi bahkan tingkat nasional. "Minimal sama seperti tahun lalu,  bisa ikut bersaing sampai ke provinsi," tutur Ayu setelah keluar dari ruangan.

(FS)

Copyright © 2020 - 2024 SMA NEGERI 1 MIRIT