Mirit_pada hari Jumat, 22 September 2023,
Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Mirit mengadakan kolaborasi tema ‘Suara
Demokrasi’ dan “Bangunlah Jiwa dan Raganya†dengan rangkaian kegiatan yang inovatif dan inspiratif.
Kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari Proyek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah sebuah event
yang bertujuan untuk membangun sejumlah ciri karakter dan kompetensi yang
diharapkan bertumbuh dalam diri. Karakter dan kompetensi ini didasarkan pada
nilai-nilai luhur Pancasila.
Kegiatan diawali senam bersama di lapangan
sekolah SMA N 1 Mirit mulai pukul 07.00-08.00 WIB, yang diikuti seluruh
siswa-siswi kelas X, XI, XII, guru dan staff TU. “Senam Bahagia ini bertujuan
membangkitkan semangat dan mempererat rasa kekeluargaan warga SMA N 1 Miritâ€
ungkap Vera Setia Pratama, S.Pd. sebagai instruktur Senam Bahagia pagi ini.
Selesai senam bersama bagi kelas XII, kegiatan belajar mengajar (KBM) seperti
biasa.
Rangkaian kegiatan selanjutnya memasak bersama
yang bertema 4 Sehat 5 Sempurna untuk siswa-siswi kelas X dan XI. Seluruh siswa
sangat antusias, terlihat ketika beberapa guru yang memantau kegiatan memasak
diminta untuk mencicip masakan. Berbagai macam masakan sayuran seperti sayur
sop, tumis kangkung, dan cap cay dimasak di sekolah namun untuk nasi
diperbolehkan dimasak di rumah masing-masing karena dinilai memakan waktu yang
tidak sebentar. “kolaborasi P5 pekan 3 bulan September ini isinya
bersenang-senang, siswa memasak bersama untuk berlatih kerjasama yang sesuai
dengan sub element P5 yaitu kerjasamaâ€. ucap Almira Rahma, S.Pd. koordinator P5
tema 1.
Kegiatan P5 yang terakhir yaitu refleksi. Sudah menjadi kebiasaan, setelah kegiatan
apapun yang dilakukan di sekolah dilakukan sebuah refleksi. Refleksi untuk
kelas X hari ini peer assessment atau penilaian sejawat melalui google form,
karakter P5 yang dinilai akhlak manusia. Sedangkan Refleksi untuk kelas XI
setiap siswa menuliskan kesan setelah melakukan kegiatan hari ini. Dari
refleksi di atas menggambarkan bahwa proses P5 bukan
sekedar bersenang-senang semata, namun ada suatu proses yang harus dilalui
oleh siswa dengan mengedepankan pada kolaborasi dan kerjasama dari berbagai karakter siswa. (MP)