Kuatkan Profil Pelajar Pancasila, SMAN 1 Mirit Gelar Permainan Tradisional


SMAN 1 Mirit mengisi pekan P5 tema ketiga "Bhineka Tunggal Ika" dengan berbagai kegiatan yang menarik. Salah satu kegiatannya dilaksanakan pada hari Kamis, 4 Mei 2023 yaitu permainan tradisional. 

"Tujuannya untuk mengenalkan permainan tradisional kepada anak anak gen Z, karna banyak dari mereka yang tidak tahu sama sekali adanya permainan tradisonal" ungkap Monika, salah satu tim P5 SMAN 1 Mirit.

Congklak, ular tangga, lompat tali, gerobak sodor, kasti, bola bekel merupakan permainan tradisional yang dilakukan pada kegiatan kali ini. 

Terlihat wajah-wajah antusias dari peserta yang terdiri dari siswa dan guru kelas X. Salah satu peserta, Farah Annisa kelas X6 mengaku sangat senang mengikuti kegiatan P5 kali ini. "Seru banget, Bu. Saya sangat senang bisa merasakan kembali kebahagiaan waktu kecil. Dulu saya bermain congklak, egrang, dan gerobak sodor. Sekarang kebanyakan main HP, jadi saya senang bisa lebih aktif bermain dengan teman-teman," kata Farah.

Senada dengan itu, Rizky Cahya kelas X6 sangat bersemangat memainkan permainan tradisioal. "Sangat senang Bu, mengurangi main game HP di kelas.  Tambah kompak, kerja sama teman-teman jadi tambah solid," ujar Rizki.

Yuntaman Nahari selaku koordinator kegiatan P5 tema ketiga menyampaikan bahwa permainan tradisional ini dapat membangun semangat kebersamaan dalam kebinekaan, sebagai salah satu bentuk penguatan profil Pelajar Pancasila. “Memainkan permainan tradisional juga dapat melestarikan warisan nilai budaya dan kearifan lokal,” tambahnya.


NI

Copyright © 2020 - 2024 SMA NEGERI 1 MIRIT