Pramuka SMA Negeri 1 Mirit Laksanakan Pelantikan Pramuka Bantara



Pramuka SMA negeri 1 Mirit kembali gelar acara perkemahan pelantikan Pramuka penegak Bantara. Pramuka merupakan ekstrakurikuler wajib yang ada di SMA Negeri 1 Mirit. Kegiatan tersebut wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan kelas XI yang menjadi dewan Ambalan.�


Kegiatan ini merupakan program rutin yang dilakukan setiap setahun sekali. Pada tahun ini, perkemahan pelantikan penegak Bantara diikuti oleh 216 siswa kelas X, 58 siswa kelas XI sebagai dewan ambalan, dan pembina yang berjumlah 17 orang. Kegiatan Pramuka ini dilakukan bertujuan untuk membangun dan mengembangkan jiwa kepemimpinan siswa.


Acara ini digelar selama tiga hari yakni dimulai dari hari Jumat hingga Minggu tanggal 17-19 mei 2024. Upacara pembukaan perkemahan ini dipimpin oleh Hisam Bachtari, S.Pd.�


Dalam sambutanya Hisam menyampaikan bahwa anggota Pramuka harus bisa mengamalkan Tri Satya dan dasa darma Pramuka baik untuk kehidupan diri sendiri maupun kehidupan di masyarakat.


Kegiatan yang dilakukan selama tiga hari ini dikemas dengan baik. Banyak kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan untuk membangun kerja sama, kemandirian, dan jiwa korsa dalam diri setiap anggota Pramuka. Pada hari pertama, dilakukan kegiatan pendirian tenda, upacara pembukaan, permainan, seta di malam hari diadakan upacara api unggun dan pensi yang dilakukan dengan khidmat serta banyak menampilkan kreativitas dari masing-masing anggota pramuka.


Hari kedua, kegiatan dimulai dengan senam bersama kemudian dilanjutkan dengan wide game. Di malam harinya yang menjadi acara puncak pada perkemahan ini yaitu pelantikan pramuka penegak Bantara. Seluruh anggota Pramuka yang ikut dikukuhkan oleh Didit Purwanto, S.Pd., selaku pembina pramuka SMAN 1 Mirit. Dengan pengukuhan tersebut maka peserta resmi menjadi Pramuka penegak Bantara.


Acara perkemahan berakhir dengan kegiatan kebersihan, pembagian hadiah, dan upacara penutupan. Dilanjutkan sayonara dan kembali ke Sekolah serta rumah masing-masing.


RA

Copyright © 2020 - 2024 SMA NEGERI 1 MIRIT