A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: mysqli::set_charset(): Error executing query

Filename: mysqli/mysqli_driver.php

Line Number: 277

Backtrace:

File: /home/sman1mirit.sch.id/public_html/application/controllers/Berita.php
Line: 7
Function: __construct

File: /home/sman1mirit.sch.id/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Review Kurikulum Satuan Pendidikan disesuaikan Konteks dan Kebutuhan Peserta Didik - SMA NEGERI 1 MIRIT

Review Kurikulum Satuan Pendidikan disesuaikan Konteks dan Kebutuhan Peserta Didik


SMA Negeri 1 Mirit melaksanakan kegiatan In House Training (IHT) Review Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP) pada hari Rabu, 29 Mei 2024 di ruang Pertemuan sekolah dengan narasumber Sabar Riyanto, S.Pd., M.T. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru SMA Negeri 1 Mirit.

IHT Review Kurikulum Satuan Pendidikan bertujuan untuk meninjau kembali KSP tahun sebelumnya untuk disesuaikan dengan perubahan yang ada agar dapat beradaptasi dengan  perkembangan zaman.

Pentingnya KSP untuk satuan pendidikan adalah sebagai acuan seluruh penyelenggaraan pembelajaran untuk menjadikannya bermakna. Kurikulum Satuan Pendidikan dikembangkan sesuai dengan konteks dan kebutuhan peserta didik yang ada di SMA Negeri 1 Mirit.

Sugiyanto, S.Pd., M.Pd. selaku kepala sekolah dalam sambutannya menyampaikan dengan adanya kegiatan IHT diharapkan Tim Pengembang Kurikulum dapat membuat KSP secara orisinil yang berbasis data sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

“Sebagai sekolah penggerak harus membuat Kurikulum Satuan pendidikan yang orisinil dan acuan pengembangan kurikulum berbasisi data  berdasarkan kebutuhan peserta didik”, kata Sugiyanto.

Komponen dalam kurikulum  ini disusun untuk membantu proses berpikir dan mengembangkan satuan pendidikan . Dalam pengembangannya dokumen ini juga merupakan hasil refleksi semua unsur pendidik di satuan pendidikan yang kemudian ditinjau secara berkala guna disesuaiakn dengan dinamika perubahan dan kebutuhan peserta didik di sekolah.

Asesmen Alternatif merupakan salah satu contoh pengembangan penilaian yang dibahas dalam IHT tersebut  sebagai bentuk asesmen yang tidak hanya berfokus pada penilaianpada ranah kognitif. 

“Penerapan asesmen alternatif disesuaikan dengan Capaian Pembelajaran (CP) dan mapel  masing-masing karena Capaian Pembelajarannya berbeda-beda, ada beberapa mata pelajaran  yang hanya dapat menggunakan penilaian tes tertulis”, ujar Sabar.

 (MD)

Copyright © 2020 - 2024 SMA NEGERI 1 MIRIT