Santai, Kunci Belajar Robotika


SMA Negeri 1 Mirit, Kebumen menggelar ekstrakurikuler robotika untuk yang pertama kalinya pada tahun ajaran 2022/2023 hari ini, Jumat (5/8/2022). Kegiatan yang diikuti oleh siswa kelas X, XI yang berminat di bidang tersebut berlangsung di laboratorium Fisika. Ekstrakurikuler yang tergolong baru tersebut merupakan hasil kerjasama SMA Mirit dengan Universitas muhamadiyah Purworejo (UMP).

Abi Diana, pelatih pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa belajar robotika harus dengan suasana hati yang santai. Mahasiswa dari Jurusan Fisika Komputasi itu pun menjelaskan bahwa unsur yang dipelajari dalam robotika tidak jauh berbeda dengan mempelajari TIK. "Seperti pada TIK alat dalam robotika meliputi software, hardware, dan brainware," kata Abi. Software merupakan perangkat lunak yang berupa sistem dalam robotika. Hardware adalah perangkat keras yang dapat berupa perangkat yang dapat dilihat. Sedangkan brainware berupa otak manusia yang mengoperasikannya.

Proses dalam robotika, lanjut Abi, meliputi memperkenalkan, memanggil dan melakukan. Dari proses tersebut akan menghasilkan output. Input dalam robotika berupa memanggil, setelah itu akan diproses di dalam otak, dan terakhir melakukan yang diperintahkan.

Menurut Hisam Bachtari, S.Pd., penanggung jawab kegiatan robotika di SMA Mirit, ekstrakurikuler robotika digelar untuk membekali peserta didik dengan ketrampilan di era 4.0 mendatang. Dirinya mengatakan di era 4.0 akan terjadi robotisasi di berbagai bidang kehidupan. Beberapa pekerjaan yang semula dikerjakan oleh manusia akan diambil alih oleh robot. "Kecerdasan buatan akan menjadi hal yang biasa pada saatnya nanti," tutur pengampu mata pelajaran Fisika di sekolah itu.


(FS)





Copyright © 2020 - 2022 SMA NEGERI 1 MIRIT