Semangat dan Nilai-Nilai Luhur Pancasila Warnai Profil Pelajar Pancasila


Kepala Sekolah Penggerak SMA N 1 Mirit Sugiyanto,S.Pd.,M.Pd mengenakan pakaian adat Nusantara (Jawa) memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 di Lapangan SMA N 1 Mirit, Kamis (1/6/2023) pagi.

Rangkaian upacara berlangsung hikmat dan tertib mulai dari penghormatan, pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks Pancasila, pembacaan teks Pembukaan UUD 1945 hingga doa.

Pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2023, Kepala Sekolah membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim.
melalui Nota Dinas Nomor 003.1/1593/2023 tentang Pedoman Peringatan hari Lahir Pancasila Tahun 2023 menetapkan tema Hari Lahir Pancasila  2023 adalah Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global Semarakkan upacara peringatan hari kelahiran Pancasila yang tertuang dalam
pidato mendisbudristek antara lain,

Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia digali dari nilai-nilai luhur budaya bangsa di nusantara dan memiliki makna yang dinamis dan universal.

Sebagai sebuah ideologi Pancasila juga merupakan sebuah pronsip dalam menyelenggarakan pemerintahan Indonesia di segala zaman.
Pancasila sampai saat ini masih relevan ditengah dinamika kehidupan, prinsip prinsip Pancasila perlu kita jaga dalam seluruh aktifitas negara ditengah padatnya kegiatan dalam melaksanakan tugas.
Selain program dan kebijakan Kemendikbudristek juga menyusun "Profil Pelajar Pancasila yang menjadi perwujudan Pelajar Indonesia sebagai pembejalar sepanjang hayat.
Profil Pelajar Pancasila tersebut mengandung ciri ciri utama yaitu, Beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, Berkebhinekaan Global,  Bergotong royong, Mandiri, Bernalar kritis dan Kreatif.

Demikianlah harapan bangsa Indonesia dalam mewujudkan nilai nilai luhur budaya bangsa yang perlu kita tingkatkan sesuai perkembangan zaman.

(MF)

Copyright © 2020 - 2024 SMA NEGERI 1 MIRIT