Siswa SMA Mirit Lolos SNBP 2024 Alami Peningkatan Di Luar Dugaan


Selasa, 26 Maret 2024 merupakan hari yang mendebarkan bagi para siswa-siswi kelas XII pasalnya merupakan hari pengumuman Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi atau yang dikenal dengan SNBP. SNBP merupakan salah satu jalur dalam seleksi masuk perguruan tinggi yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik melalui rapor serta portofolio akademik dan non akademik siswa. Tepat pukul 15.00 WIB Pengumuman sudah dapat diakses untuk mengetahui kelulusan siswa-siswi SMA pada perguruan tinggi tujuannya masing-masing. SMA Negeri 1 Mirit merupakan salah satu sekolah yang mendapatkan kabar baik dari pengumuman kelulusan SNBP ini. 

Sebanyak 14 Siswa SMA Negeri 1 Mirit diterima di beberapa perguruan tinggi negeri bergengsi melalui jalur SNBP. P ara siswa-siswi ini mampu menembus persaingan ketat pada 6 Perguruan Tinggi Negeri bergengsi di Jawa Tengah. Mereka diterima di UNDIP, UNNES, UNS, UNSOED, UNTIDAR, dan Politeknik Negeri Cilacap. Empat belas siswa tersebut tersebar dari XII MIPA 1, XII MIPA 2, XII MPA 3, dan XII IPS 1. Yakni Esti Nurprayanti Rizki (Universitas Diponegoro), Rizky Novitasari (Universitas Diponegoro), Anan Wijho Seno (Universitas Tidar), Ni’mah Nur Afifah (Universitas Sebelas Maret), Dika Prasetia (Universitas Tidar), Arisfia Triningsih (Politeknik Negeri Cilacap), Ismi Nur Afifah (Universitas Tidar), Endah Nawang Wulan (Universitas Tidar), Salsa Marfina (Universitas Jenderal Soedirman), Rizky Barokah (Universitas Negeri Semarang), Erik Ferdiansyah (Politeknik Negeri Cilacap), Irfan Humam Faroqi (Universitas Jenderal Soedirman), M. Miftakhul Huda (Universitas Jenderal Soedirman), Ines Ayunda Sari (Politeknik Negeri Cilacap). 

Jumlah siswa SMA Negeri 1 Mirit yang diterima Perguruan Tinggi jalur SNBP tahun ini mencapai lebih dari tiga kali lipat dibanding tahun sebelumnya 2023. Hal ini menjadi prestasi yang luar biasa bagi SMA Negeri 1 Mirit dalam 5 tahun terakhir karena dapat dibilang bahwa tahun ini menjadi tahun terbanyak siswa SMA Negeri 1 Mirit lolos SNBP. Prestasi siswa-siswi kelas XII ini tentunya tidak lepas dari bimbingan ibu bapak guru yang telah saling berkolaborasi dan membimbing para anak didiknya dalam belajar di sekolah sehingga mendapatkan hasil yang terbaik, dan tidak luput pula doa yang tulus dari para guru serta orang tua. Berita membahagiakan ini turut serta dirasakan oleh Kepala SMA Negeri 1 Mirit, ternyata cukup banyak siswa mirit mampu bersaing dengan sekolah lain di seluruh Indonesia “Alhamdulillah meningkat dari 4 siswa tahun lalu menjadi 14 siswa tahun ini. Selamat dan sukses kepada para siswa SMAN 1 Mirit yang lolos SNBP (seleksi tanpa tes) Tahun 2024 yang diterima PTN yang dicita-citakan. Bagi para siswa yang belum lolos tetap semangat masih ada kesempatan untuk lolos jalur SNBT dan Seleksi Mandiri”, Ucap Sugiyanto, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala SMA Negeri 1 Mirit

Perjuangan para siswa-siswi kelas XII dalam mempersiapkan jalur SNBP tentunya juga tak lepas dari peran guru BK. Tidaklah mudah untuk mengarahkan para siswa SMA Mirit untuk meneruskan kuliah karena memang orientasi terbanyak siswa SMA Mirit sebagian besar meneruskan untuk bekerja. Namun, seiring berjalannya waktu dengan pendekatan-pendekatan yang dilakukan oleh guru BK dan berkolaborasi dengan wali kelas, akhirnya para siswa berprestasi tersebut mengambil kesempatan yang tidak datang dua kali ini.

(AR)

Copyright © 2020 - 2024 SMA NEGERI 1 MIRIT